Search

Monday, December 12, 2016

Fotographer Ini Membuat Mainan Menjadi Hidup

Unik, Fotografer Ini Mampu Membuat Mainan Jadi
Kurt Moses mampu membuat mainan jadi cerita yang hidup.
Masalah unik, nggak ada yang bisa mengalahkan karya dari fotografer asal Amerika Serikat, Kurt Moses. Menggunakan miniatur mainan kecil atau yang biasa disebut dengan Praiser, ia menceritakan kehidupan sehari-hari dengan memadukan mainan dan dunia nyata.
http://assets.hai-online.com/media/article_image/gallery/original/257-kurt-moses-small-world-in-photograph-5.jpg
Praiser sendiri merupakan mainan yang berukuran kurang dari 2 inchi dan biasa digunakan untuk keperluan maket oleh arsiterktur. Namun, di tangan Kurt Moses, para Praiser kecil ia sulap menjadi sebuah karya seni yang unik.
http://assets.hai-online.com/media/article_image/gallery/original/257-kurt-moses-small-world-in-photograph-3.jpg
Rangkaian fotonya ia beri nama Un Petit Monde atau A Small World yang ia pajang dalam websitenya. Dalam project Un Petit Monde, fotografer asal St. Paul, Minnesota ini nggak bekerja sendirian, melainkan dengan bantuan sang istri, Edwige. Edwige bertugas untuk meneliti lokasi pemotretan, mengurus bahan, serta mengkoordinasikan perjalanan untuk pemotretan.
http://assets.hai-online.com/media/article_image/gallery/original/257-kurt-moses-small-world-in-photograph-4.jpg
Lokasi pemotretan yang dipilih Kurt dan Edwige nggak pernah main-main. Dengan action figure yang super kecil tadi, lokasi-lokasinya bisa dibilang menantang, seperti di padang pasir dan bebatuan. Selain itu, Kurt selalu menggunakan cahaya serta keadaan lingkungan sekitar dengan apa adanya, tanpa tambahan lighting.
"Project Un Petit Monde menggabungkan tantangan menangkap gambar yang menggugah dan estetis sambil mendokumentasikan adegan dunia nyata menggunakan cahaya yang tersedia serta kondisi yang ada," ujarnya.
Kurt juga mengaku inspirasi foto-fotonya berasal dari pengalaman masa lalu, tempat-tempat yang ia kunjungi, serta bagaimana ia memandang kehidupan dan dunia di sekitarnya.
http://assets.hai-online.com/media/article_image/gallery/original/257-kurt-moses-small-world-in-photograph-1.jpg
Trik yang digunakan Kurt dalam membuat foto ini adalah menggunakan lensa fish eye super lebar ntuk menangkap lebih banyak lingkungan sekitarnya. Kurt juga menggunakan depth of field yang rendah untuk menghasilkan kesan dreamy background.
"Saya memulai proyek foto ini di musim panas 2010 sebagai cara untuk bersantai dan mengeksplor sisi kreatif kemampuan fotografi saya. Hal ini bertumbuh menjadi passion dan sekarang 75% waktu kami gunakan untuk menciptakan, mengolah dan membangun perpustakaan untuk fine art photography," tambahnya.
http://assets.hai-online.com/media/article_image/gallery/original/257-kurt-moses-small-world-in-photograph-2.jpg
Jauh sebelum memulai kegiatannya dalam foto Praiser, Kurt sebenarnya street photographer yang cukup dikenal di daerahnya. Mulai dari foto dengan tema traveling, events, sampai street menjadi objek yang sering ia ambil. Namun, namanya semakin dikenal saat ia memulai foto Praiser.
Share:

2 comments: